WAJAN “Go Public” Bolic

WAJAN BOLIK INTERNET GRATIS

Antenna Wajan, atau Wajanbolic e-goen merupakan terobosan dalam Teknologi RT/RW-net. Antenna Wajanbolic e-goen dapat menjadi client yang murah dalam sebuah  RT/RW-net sehingga kita dapat ber Internet dengan murah. Internet murah bukan berarti mencuri bandwidth dan ber Internet gratis, seperti kebanyakan orang menyangka. Internet menjadi murah karena beban biaya di tanggung ramai-ramai oleh banyak mengguna di sebuah RT/RW dalam  RT/RW-net
Pak Gunadi dan Wajanbolic e-goen
Pak Gunadi dan Wajanbolic e-goen

Antenna Wajanbolic e-goen di kembangkan oleh Pak Gunadi (Pak Gun) atau lebih di kenal e-goen. Pak Gun berasal dari Jogyakarta alumni STEMBAYO. Informasi terakhir, beliau saat ini berlokasi di Stasiun Bumi Indosat di Purwakarta. Sejak 2005-awal 2006, sosok e-goen dominan memberikan inspirasi bagi bangsa Indonesia untuk mengembangkan antenna wajan & panci di Indonesia. Antenna wajan yang kemudian dikenal sebagai wajanbolic e-goen menjadi andalan utama bagi mereka yang ingin membangun RT/RW-net atau Wireless Internet murah di rumahnya dengan modal sekitar Rp. 300-350.000 saja.

Pak Gun aktif di mailing list indowli@yahoogroups.com dan mengajarkan subscriber indowli@yahoogroups.com teknik-teknik membuat antenna murah menggunakan wajan, kaleng, pipa pralon. Dengan peralatan yang sangat sederhana kita dapat membangun sambungan Wireless Internet yang cukup jauh untuk menjangkau wilayah lebih dari 2-4 km.

Awalnya, Pak Gun menyebarkan foto-foto awal wajanbolic, maupun antenna sederhana lainnya di situs http://pg.photos.yahoo.com/ph/gunpwk/my_photos. Sayang, Yahoo Photo men-delete semua foto wajanbolic e-goen. Situs Photo Pak Gun telah pindah ke,

* http://picasaweb.google.com/gunpwk
* http://gun001.multiply.com/
* http://www.flickr.com/photos/79127135@N00/
* http://www.flickr.com/photos/79127135@N00/sets/

Umumnya wajan dipakai para wanita di dapur untuk masak, tapi kini menaikkan WAJAN ke atap rumah lagi nge trend,”Wajan Go Public” untuk menangkap sinyal dari Akses pointnya MTU. Akhirnya dapat juga berinternet gratis setelah beberapa hari naik turun dan berkutat dengan kaleng, wajan dan paralon serta kabel-kabel.
Sebenarnya teknologi ini bukan hal baru, ditulis di sini supaya dapat masukan lagi dari temen-temen yang pengalaman agar lebih gede sinyalnya, karena baru dapat sinyal antara FAIR-GOOD. mungkin fokusnya belum tepat atau apanya lah. Tapi lumayan stabil.
peralatan yang dipakai :
Wajan ukuran diameter 38 cm, USB wifi merk SMCWUSBT-G, keleng susu, pipa paralon 3/4 inc, kabel UTP, kabel USB eksternal, dan alat -alat pemotong, pelobang, Solder, tang serta tak ketinggalan kopi dan rokok. Sebenarnya kalau beli jadi mungkin lebih murah, tapi  yang kuharapkan yaitu kepuasan hasil eksperimen.

Untuk menentukan fokus, menggunakan ini (tinggal mengisikan saja di EXCEL). untuk mencari sinyal gunakan software netstumbler

Silakan Download perhitungannya ya…..

Gambar-gambar:

Photo Wajan Bolik

Photo Wajan Bolik

Peralatan

Peralatan

%d blogger menyukai ini: