Oleh: achmadsolechan | Maret 12, 2014

Cara Ampuh Agar Bisa Bangun Sholat Shubuh

8 Cara Ampuh Agar Bisa Bangun Sholat Shubuh

Shalat Shubuh merupakan shalat yang paling banyak kaum muslimin lalai darinya, banyak dari bergampang-gampangan  untuk bangun melaksanakan shalat shubuh hingga tak jarang kita melihat orang yang melaksanakan  shalat shubuh sudah lewat dari waktunya.  Shalat shubuh tidak akan bisa dilakukan kecuali orang – orang yang memiliki tekad yang kuat untuk melaksanakannya setelah taufiq dari Allah.

Shalat yang paling berat dilakukan orang munafiq shalat shubuh, sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu’ ‘Alaihi Wasallam bersabda: “shalat yang paling berat dikerjakan oleh orang munafik ialah shalat shubuh dan shalat Isya, jika seandainya mereka tau apa yang didalamnya (dari pahala) maka mereka akan mendatanginya walaupun dalam keadaan merangkak” (sunan Ibnu Majah 1/261)

Adapun hukum orang yang malas shalat kami sudah bahas (klik)  Hukum orang yang malas sholat

3 Ikatan Syaithan
Ketika seorang tidur pulas maka syaithon akan mendatanginya dan mengikat kepalanya dengan tiga ikatan, sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasuullah :
“Syaithan akan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang diantara kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “malam masih panjang, tidurlah!” jika dia bangun lalu berdzikir kepada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan berseangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.

Jika anda melihat orang- orang malas dipagi hari maka kemungkinan besar ikatan syaithan yang diikat pada malam hari belum terlepas dari tengkuk lehernya.

Agar Bisa Bangun Shalat Shubuh

1. Niat Ikhlas
Seorang jika ingin melakukan sesuatu harus ada niat yang kuat untuk mewujudkannya, begitu juga dengan shalat shubuh, anda harus berniat sebelum tidur agar Allah membantu anda untuk bisa menunaikan shalat shubuh secara berjama’ah dan janganlah seperti orang munafik, yang mana mereka ketika bangun shalat mereka bermalas – malasan ini menunjukkan bahwa orang munfik jika ingin shalat tidak berniat melaksanakannya karena Allah tapi karena Riya’  sebagaimana Allah Berfirman : “apabila mereka berdiri untuk shalat mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud ria (ingin dipuji) di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali (An-Nisa : 142)

2. Tekad yang kuat

Seorang muslim jika ingin melakukan suatu hal maka dia harus memiliki tekad yang kuat, dengan niat yang kuat dan tekad yang kuat ini bisa melumpuhkan senjata Iblis yang senatiasa menggoda manusia tanpa mengenal lelah dan putus asa. Rasulullah Bersabda : “Bersemangatlah untuk melakukan yang bermanfaat bagimu dan minta pertolonganlah kepada Allah dan jangan putus asa” (HR. Muslim)
begitu juga orang yang inginmelaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah, maka wajib baginya untuk memiliki tekad yang kuat dan memiliki tekad kuat Allah akan membantu anda sebagaimana Allah berfirman “dan orang – orang yang bersungguh sungguh dijalan kami, maka kami akan tunjukkan mereka jalan – jalan kami. Dan sungguh Allah beserta orang – orang yang berbuat baik.

3. Menjahui Dosa
Seorang yang senantiasa malas dalam melakukan shalat maka penyebab utamanya ialah dosa yang dia lakukan disiang dan malam hari. Ketika seorang hamba terjerumus kedalam suatu dosa maka dia akan diberikan satu titik hitam didalam hatinya, semakin banyak dosa dan maksiat yang ia lakukan maka semakin banyak pula titik hitam yang menghinggap dihatinya hingga suatu saat  ia tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang benar hingga hatinya lemah untuk melakukan kebaikan dan diantara kebaikan yang terhalang darinya ialah bangun shalat shubuh tepat waktu

4. Tidak Banyak Makan Sebelum Tidur
Bangun shalat shubuh dari tidur yang nyenyak butuh perjuangan untuk melawan iblis dan hawa nafsu, orang yang makan banyak  sebelum tidur bisa mengakibatkan berat untuk bisa bangun.

Imam Syafi’I mengatakan : “kekenyangan membuat badan menjadi berat, menghilangkan kecerdasan, membawa orang (untuk tetap) ingin tidur, dan membuat seseorang malas beribadah. (Al-Umur Almuyassaroh liqiyamil lail Hal 66)

5. Jangan Begadang
Begadang yang tidak bermanfaat sampai menyebabkan ia  meninggalkan kewajiban shalat dapat mendatangkan dosa. Betapa banyak kita melihat orang – orang yang malamnya begadang untuk menonton Tv, sepak bola, dan lain lain bahkan hingga waktu subuh, sehingga melalaikan ia untuk melaksanakan shalat shubuh karena ditimpa ngantuk yang sangat berat sehingga tak jarang kita melihat orang yang begadang senantiasa shalat shubuh diluar waktunya bahkan banyak yang meninggalkan shalat shubuh
Jika tidak ada kebutuhan untuk begadang maka tidurlah lebih awal, karena tidur lebih awal merupakan sunnah Rasulullah. Sebagaimana dalam hadits :
Dari Abi Ishaq mengatakan : saya bertanya kepada ‘Aisyah tentang shalat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, maka (Aisyah) menjawab : (Rasulullah) tidur awal malam, ketika datang waktu sahur dia shalat witir… (HR. Abu Daud)

6. Mengikuti sunnah Rasulullah sebelum tidur

Hendaknya sebelum kita beranjak untuk tidur hendaknya berwudhu sebagaimana wudhu yang biasa dilakukan sebelum kita shalat kemudian bacalah ayat kursi karena orang yang membaca ayat kursi sebelum tidur tidak akan diganggu oleh Syetan, sebagaimana Rasulullah bersabda : “Jika engkau hendak tidur, maka bacalah ayat kursi. Karena jika dia senantiasa bersama engkau, maka Allah akan menjagamu, dan syetan tidak akan mendekatimu” (HR. Bukhari)

7. Menyalakan Alarm
Setiap orang memiliki handphone, dan setiap hanphone telah dilengkapi oleh alarm maka hendaklah sebelum kita tidur untuk menyalakan alarm agar bisa terbangun untuk melakukan shalat shubuh dengan tepat waktu atau berpesan kepada orang yang tinggal yang  seatap dengan kita untuk membangunkan tatkala datang waktu shalat shubuh.

8. Doa
Berdoalah kepada Allah agar urusan kita dimudahkan karena dialah yang mengatur segala urusan

Muh. Luqman Hakim
Jember, 26-04-2015 jam 11:00
http://www.penaluqman.com

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: